Perbedaan Ban Bias dan
Ban Radial
Ban
adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan, karena ban satu-satunya yang
mempunyai kontak langsung dengan aspal (tanah). Walaupun merupakan faktor
terpenting, banyak pemilik kendaraan yang sering mengabaikannya. Tidak
pedulinya para pengendara terhadap penggunaan ban disebabkan oleh banyak
faktor. Seperti kurangnya informasi tentang struktur ban yang baik dipakai
untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.
Ada
dua struktur ban yang sering digunakan oleh produsen ban dunia yaitu struktur
bias dan radial. Ban radial sendiri merupakan memiliki perbedaan mendasar
dibandingkan ban bias yang masih banyak digunakan di negara berkembang seperti
Indonesia.
Pada
ban radial lapisan kawat tersebar di seputar poros ban, permukaan puncak
terluar tersusun dari beberapa lapisan yang membentuk struktur ban. Ini
menjadikan permukaan puncak terluar dan sisi ban memiliki sifat yang berbeda.
Sedangkan
pada ban bias, kerangkanya terdiri dari beberapa lapisan kawat yang disusun
secara menyilang dengan sudut diagonal terhadap garis tengah lingkaran ban.
Struktur antara permukaan puncak terluar dari sisi ban memiliki sifat mekanis
yang seragam.
Dilihat
dari perbedaan kontruksi, untuk ban bias pada saat berputar, tapak ban akan
bergerak mengikuti kelenturan ban dan dapat mengakibatkan perubahan luas daerah
kontak ban dengan permukaan jalan. Pergesaran ban dengan permukaan jalan.
Sedangkan
untuk ban radial, terutama untuk Michelin X radial sidewall dan tapak ban
bekerja secara terpisah, sehingga tidak mengurangi perubahan luas daerah kontak
antara ban dengan permukaan jalan, lalu mengurangi pergeseran antara ban dengan
permukaan jalan.
Dilihat
dari hal tersebut, ban radial memiliki keuntungan umur pemakaian lebih lama,
daya cengkraman sangat baik, stabil dan mudah dikendalikan akibat crown yang
mempunyai lapisan stabilisator, dan hemat bahan bakar.Untuk ban radial juga
memiliki kenyamanan saat dikendarai karena kelenturan vertikal yang baik, dan
selalu beroperasi dalam keadaan dingin: tanpa pergerakan antar lapis rangka
ban, tanpa pergesekan ban dengan permukaan jalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar